BULETIN SPENDUMJ SCOUT

 


KESERUAN PENEMPUHAN SKU SKK PRAMUKA DEWAN PENGGALANG SMP NEGERI 2 MOJOGEDANG




Mojogedang - Jum'at, 19 Januari 2018, Pramuka Dewan Penggalang SMP Negeri 2 Mojogedang mengikuti penempuhan SKU yang berlangsung di Perkebunan Ranukriti, Pendem, Mojogedang, Karanganyar, Jawa tengah. Kegiatan ini resmi dibuka oleh Pembina Pramuka SMP Negeri 2 Mojogedang, Kak Suwardi, Dan dihadiri oleh Pembina-pembina SMP Negeri 2 Mojogedang, Ketua Dewan Penggalan Angkatan 05, Wakil Ketua Dewan Penggalan Angkatan 05, Serta Kakak-kakak Alumni Dewan Penggalan SMP Negeri 2 Mojogedang dari angkatan 01 hingga angkatan 05.

 

Kegiatan Penempuhan SKU ini diikuti oleh anggota Dewan Penggalang Angkatan 06 dan saat itu Angkatan 06 sedang duduk di kelas 8, juga kegiatan ini dipanitiai oleh kelas 9 atau angkatan 05. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut adalah 28 orang, dari 28 orang tersebut dibagi menjadi 3 regu, yaitu Regu Mawar dengan jumlah 11 orang, Regu Melati juga dengan 11 orang, Sedangkan Regu Rajawali dengan jumlah 6 orang. Kegiatan ini sangat positif, karena disini Angkatan 06 belajar kekompakan dan persaudaraan antar perorangan, dan masih banyak lagi hal-hal positif yang ada di dalam kegiatan tersebut. 

 

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari lamanya, yaitu Jum'at dan Sabtu. Kegiatan pertama yaitu mendirikan tenda per regu. Mendirikan tenda tidak hanya sekedar mendirikan saja, mereka diberi waktu untuk menyelesaikan dan saat itu kekompakan sangat dibutuhkan agar mereka bisa menyelesaikannya tepat waktu.

 

Kegiatan Tes SKU dilaksanakan sesuai dengan Buku SKU khusus Penggalang tingkat rakit yang dimiliki oleh para peserta. Jadi, para peserta akan diuji sesuai perintah yang tertera pada buku SKU tersebut. Misal, Dapat menjelaskan dan melaksanakan tentang cara memberi salam pramuka, artinya para peserta harus bisa menjelaskan tentang salam pramuka kepada regunya dan mempraktekan salam pramuka saat bertemu anggota pramuka lainya. Di dalam buku SKU penggalang rakit juga mengajarkan bertoleransi beragama. Misal, Dapat menjelaskan tentang toleransi beragama antar umat beragama dilingkungannya, artinya para peserta mampu menceritakan tentang bentuk toleransi beragama dan antar umat beragama dilingkungannya, contoh toleransi ini meliputi menghargai dan merngormati antar agama yang berbeda. Jika para peserta dapat menyelesaikan perintah-perintah tersebut, maka buku yang dimiliki para peserta akan mendapat tanda tangan dari kakak-kakak penguji SKU. Hal itu dilakukan sampai benar-benar selesai.

 

Kegiatan tersebut berlangsung hingga siang hari. Peserta juga dilatih untuk bisa memasak masakan sederhana. Karena memasak juga termasuk dalam uji SKU.  Konsep memasak tersebut adalah rolling, Misal, 9 orang mengikuti kegiatan lalu 2 orang lainnya memasak, diberi waktu 10 menit untuk berganti orang dalam satu regu hingga masakan selesai.

Peserta juga belajar dengan salah satu pengurus kebun. Mereka diberi tahu cara menanam dan menjaga tumbuhan agar subur. Lalu hasil kegiatan tersebut di terapkan pada lingkungan sekolah.

 

Jika peserta dapat menyelesaikan uji SKU, maka peserta wajib dilantik dan wajib mendapat Badge Penggalang rakit.



Berikut adalah foto Penempuhan Dewan Penggalang A06 :







Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter