SANDI PRAMUKA SMP N 2 MOJOGEDANG

 


                                                             SANDI PRAMUKA

 

PENGERTIAN SANDI

           Secara istilah kata sandi pramuka berasal dari bahasa sansekerta yang artinya rahasia atau menyembunyikan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI arti kata sandi adalah rahasia atau kode. Maka dapat disimpulkan, bahwa makna dari sandi pramuka ialah merupakan sebuah tulisan dengan bersimbolkan huruf dimana berdasarkan sifatnya yang sangat rahasia sehingga sandi ini yang akan sangat sulit dimengerti

Walaupun sandi ini disebut sandi pramuka, tetapi penggunaannya tidak hanya di dalam pramuka saja. Tetapi sandi juga digunakan oleh dunia militer dan kepolisian untuk keperluan tertentu. Sehingga mempelajari sandi ini banyak manfaatnya.

 1.SANDI MORSE

          Sandi Morse Kode Morse atau 'Sandi Morse' adalah sistem representasi huruf, angka, tanda baca dan sinyal dengan menggunakan kode titik dan garis yang disusun mewakili karakter tertentu pada alfabet atau sinyal tertentu yang disepakati penggunaannya di seluruh dunia. Kode Morse diciptakan oleh Samuel Finely Bressy Morse

Pemisahan antar huruf menggunakan tanda "/ " Pemisahan antar kata menggunakan tanda [spasi]

2.SANDI RUMPUT

           Sandi rumput adalah sistem representasi huruf, angka, dan tanda baca yang dibuat berdasarkan prinsip Kode Morse. Perbedaan antara keduanya hanya terletak pada cara penulisan, di mana titik dan garis pada kode morse diganti dengan rumput kecil dan rumput besar.

 

Contoh: abjad = "A" morse = .-

 

Pemisahan antar huruf menggunakan tanda "__" Pemisahan antar kata menggunakan tanda [spasi]

Kemampuan mengirim dan menerima kode morse merupakan salah satu dari kecakapan yang dapat menerima Tanda Kecakapan Khusus

3.SANDI KOTAK 1

            Dinamakan sandi kotak karena huruf-huruf yang menjadi kode terdapat dalam sebuah kotak yang berbentuk menyilang dan verttikal horizontal yang terdiri dari sembilan kotak. Huruf a sampai r berada di dalam kotak vertikal horizontal dengan susunan menyamping mulai dari kotak 1 ab, 2 cd, 3 ef, 4 gh, 5 ij, 6 kl, 7 mn, 8 op, 9 qr. Adapun st, uv, wx, dan yz berada pada kota dengan bentuk menyilang. Masing-masing dalam kotak vertikal horizontal terdiri dari dua huruf. Bedanya terletak pada titik yang menyertai huruf kedua dari setiap kotak. Misal ab, maka titiknya berada di titik b. Begitu pun pada kotak menyilang, setiap kotak terdiri dari dua huruf dengan satu titik di huruf keduanya. Misal st, maka titik berada pada huruf t.

 

4.SANDI KOTAK 2

           Selain itu jika pada sandi kotak 1 terdiri dari dua macam kotak, vertikal horiontal dan menyilang, maka pada sandi kotak 2 hanya terrdapat satu kotak yang berbentuk vertikal horizontal. Dalam kotak vertikal horizontal ini dibagi menjadi sembilan kotak dengan masing-masing tiga huruf di dalamnya.

           Abc, def, ghi, jkl, mno, pqr, stu, vwx, yz. Adapun cara penerapannya dalam sebuah kata hampir sama dengan cara penggunaan sandi kotak 1. Pada sandi kotak 2, anda hanya perlu membentuk huruf sesuai dengan posisinya di dalam kotak, dan jika huruf yang akan anda tulis termasuk dalam huruf kedua dari kotak, maka anda cukup menambahkan satu titik.

           Apabila huruf yang akan anda tulis berada pada huruf ketiga pada sebuah kotak, maka anda harus menambahkan dua titik. Contoh huruf a, anda cukup membuat garis siku-siku. Adapun huruf b, garis siku-siku ditambahi dengan satu titik di dalamnya. Dan jika huruf c, maka garis siku-siku diisi dengan dua titik di dalamnya.

 

5.SANDI BALIK

             Cara membacanya misalkan huruf H mewakili huruf A dan huruf O mewakili huruf U dan seterusnya

6.SANDI ANGKA

          Karena huruf dalam alfabet hanya 26, maka angka yang digunakan juga 26. Kalian hanya perlu memberi nomor pada tiap-tiap huruf yakni A Sampai Z. Huruf A diberi nomor 1 (satu), huruf B diberi nomor 2 (dua) dan seterusnya sampai angka 26 atau sampai huruf Z.

sandi ini terkadang juga bisa tergantung kuncinya

misalkan saja kuncinya 0 maka huruf A diberi angka 0,huruf B diberi angka 1 dan seterusnya

7. SANDI BACA

         Cara membaca sandi ini yaitu menurun 5 huruf kebawah,(apabila kelompok terakhir jumlahnya kurang maka ditambahi huruf X)

8.SANDI DATAR

            Cara membacanya mirip dengan sandi Baca, namun sandi datar membacanya menurun 9 huruf kebawah,(apabila kelompok terakhir jumlahnya kurang maka ditambahi huruf X)

9.SANDI ABJAD

            Penggunaan sandi ini adalah huruf Z diganti dengan A, huruf Y diganti dengan B, dan seterusnya.

contoh *GFMZH PVOZKZ* akan menjadi *Tunas kelapa*

10.SANDI KOMPAS

           Sandi kompas dibuat seperti searah jarum jam, sebagai pemisah lanjutan antar huruf digunakan tanda strip pada jarum kompasnya

untuk pembedanya ada yang tidak membawa tanda strip,ada yang menggunakan strip 1,strip 2 dan strip 3

11.SANDI JAM

          Sandi jam merupakan sandi yang dibuat dengan menentukan waktu tertentu sebagai patokannya.misalkan pukul 07.00 menunjukan huruf A  maka jika beda waktu yang digunakan adalah setiap 5 menit.jadi jika 07.05 itu menunjukan huruf B Begitu seterusnya.Sandi ini juga dapat tergantung pada patokkan atau kuncinya

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter